Polres Musirawas: Kembali Megelar Apel Kesipan Mobil Tenki Dalam Menangani Karhutlabun DiWilayah Hukum Polres

 


MUSI RAWAS-mitrari.com-Polres Mura, kembali menggelar Apel Kesiapan Mobil Water Cannon dan Mobil Tanki Dalam Menangani Karhutlabun di Wilayah Hukum Polres Mura, sekitar pukul 08.00 WIB, Senin (18/9/2023).


Kegiatan apel ini tidak lain suatu langka gencar dengan tujuan untuk mencegah sekaligus mengantisifasi terjadinya Kebakaran Hutan, Lahan dan Kebun (Karthutlabun), di Kabupaten Mura.


Disuasana apel nampak kendaraan dinas berjejer diantaranya, Water Cannon, Mobil Damkar BPBD Mura, Mobil Damkar Mitra Usaha serta Mobil Tanki lainnya yang digunakan untuk menyalurkan air serta digunakan untuk memadamkan kebakaran.


Apel tersebut dipimpin langsung, Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH dan dihadiri juga Wakapolres, Kompol M Harsono SH, beserta para kabag, para kasat, para kasi, PJU Polres Mura serta unsur terkait diantaranya, Sat Pol PP Damkar Mura, BPBD Mura, Manggala Agni dan perwakilan perusahaan.


Dalam kesempatan itu, Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH, menyampaikan arahannya, apel kesiapan Mobil Water Cannon dan Mobil Tanki, sengaja digelar salah satu bentuk upaya menanggulangi dan menangani karhutlabun diwilayah hukum Polres Mura. 


"Setidaknya, apabila sudah dilakukan apel ini, kendaraan kita sudah siap siaga menghadapi berbagai situasi dan kondisi karhutlabun khususnya di Kabupaten Mura," kata Kapolres


Kapolres menjelaskan, dan untuk diketahui diwilayah Provinsi Sumsel mengenai karhutlabun ditingkat pertama khususnya di kota Palembang, Indralaya, Kayuagung dan sekitarnya, untuk diketahui berdasarkan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU), atau tingkat kadar kualitas dari udaranya sudah sangat rendah sudah tidak sehat.


Namun, kita juga mesti bersyukur diwilayah Betung termasuk Muara Beliti tadi malam dan ini hari kita juga merasakan sudah ada gerimis yang mengguyur beberapa lokasi, tentunya ini yang kita harapkan.


Semoga doa kita pada saat pelaksanaan Salat Istisqo kemarin benar-benar dijabah oleh Allah SWT, disini kami berharap kepada kita semuanya sekaligus harapan dari Bapak Kapolda Sumsel, Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo, SIK, MIK, yang meminta seluruh jajaran Polres baik itu di wilayah kabupaten/kota, kita sama-sama mendapatkan kembali kesiapan kita dalam menghadapi karhutlabun.


Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, selain itu sebelumnya kita telah melaksanakan apel kesiapan peralatan dan alat-alat yang digunakan untuk bisa meredakan atau menanggulangi karhutlabun.


Selain itu, kemarin juga oleh, Bapak Kapolda Sumsel, telah memberikan dukungan 50 personil dari Brimob Batalyon B Petanang Polda Sumsel, yang akhirnya kita dorong lagi ke-7 Polsek yang memiliki potensi rawan terjadinya karhutlabun.


Karena tentunya, dengan hari ini kita kembali mesiagakan serta menampilkan bahwa inilah persiapan kita yang harus kita lakukan, tentunya akan membuka pikiran, membuka mata dan membuka hati dari masyarakat, bahwa kita seluruh unsur yang ada di Kabupaten Musi Rawas ini, baik TNI, Polri, Pemda Mura serta mitra usaha, manggala agni, kita semua siap untuk bisa memadamkan dan mengupayakan serta mencegah terjadinya karhutlabun.


Selain itu, juga berharap bahwa rekan-rekan saling mengingatkan kepada keluarganya, kepada kerabatnya, bahaya karhutlabun apalagi saat ini kita masih mengalami kondisi El Nino, yang akhirnya membuat kemarau kepanjangan dan mempermudah terjadinya karhutlabun.


Maka diharapkan, dari wilayah kita adalah kita bisa melakukan pencegahan, artinya kita jangan bertindak sebagai pemadam kebakaran, pemadam api diwilayah hutan di wilayah hukum Polres Musi Rawas.


Namun kita, upayakan langkah-langkah untuk pencegahan, kita himbau masyarakat, lakukan kegiatan patroli bila perlu arahkan di setiap jajaran baik Polres maupun Polsek hingga warga di kecamatan, jika perlu saat  patroli gunakan alat pengeras suara, sampaikan agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.


"Karena itulah yang menyebabkan terjadinya suhu bumi semakin panas, semoga kegiatan pagi hari ini bukan hanya sekedar seremonial, tetapi kesiapan kita untuk menjaga Kabupaten Musi Rawas, dari bahaya karhutlabun," tuturnya.(mitra/*) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler