Kapolres Musirawas Menggelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak

 


MUSI RAWAS-Mitrari.com-Salah satu wujud sekaligus menciptakan situasi aman, damai, nyaman dan kondusif pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Musi Rawas (Mura).


Polres Mura menggelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak 

di Kabupaten Mura Tahun 2023, dihalaman depan Mapolres Mura, sekitar pukul 08.00 WIB, Selasa (7/3/2023).


Hadir dalam apel tersebut, para kabag, kasat, serta kapolsek, Pabung Mura, Mayor CPM Abdul Wahab, perwakilan Detasemen B Pelopor Petanang, Kepala DPMD, Kasat Pol PP Damkar, serta Pagi personel Polres Mura.


Pelaksanaan apel tersebut bertindak sebagai inspektur apel diambil alih langsung oleh, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, dalam kesempatan itu mengatakan bahwa untuk jumlah desa di Kabupaten Mura ada 59 desa terbagi dalam 13 kecamatan dan ada 188 calon desa.


"Selain itu, kita ketahui pelaksanaan pemungutan suara dilaksanakan pada, Rabu (8/3/2023), besok hari, artinya untuk saat ini sedang memasuki masa tenang selama tiga hari mulai dari, Minggu (5/3), hingga, Selasa (7/3)," kata Bupati.


Bupati menjelaskan, tujuan dan maksud dari apel ini yakni menyamakan langka, menyatukan tekad untuk saling bahu membahu, serta kesiagaan pasukan pengamanan, dan sarana perasarana yang dimiliki dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Mura. 


Untuk itu, melalui apel ini, saya minta seluruh pasukan pengamanan agar tetap memelihara suasana kondisi saat pemungutan suara berlangsung 


Proses pemilihan pilkades merupakan puncak pelaksanaan demokrasi, apabila proses pilkades tidak bagus, maka kita tidak siap berbeda pendapat, apabila bejalan aman dan damai tidak ada alasan berpartisifasi aktif.


"Dan, saya secara pribadi berharap Pilkades ini, berjalan sukses dan sukses juga bagi kades terpilih yang nantinya memimpin desa  yang lebih sejahtera," jelas istri Ketua TP PKK Mura.


Sementara itu, Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH didampingi Pabung Mura, Mayor CPM Abdul Wahab dan Kabag Ops, Kompol Polin E.A Pakpahan mengatakan bahwa dari pelaksanaan apel ini baik dari Polri, TNI dan Pemda Mura hingga kedesa kami siap melakukan pengamanan Pilkades.


"Seperti kita ketahui, di Kabupaten Mura, ada 185 TPS, dan total keseluruhan personel melakukan pengaman ada 770 personel meliputi Polri, TNI, Brimob, Pemda Mura melalui Sat Pol PP Damkar, akan standby di 185 titik TPS tersebut," kata Kapolres.


Kapolres menjelaskan, mengenai pelaksanaan/teknis pengamanan dilapangan. Pengamanan mulai hari ini, besok hingga selesai, pelaksanaan pemungutan suara, diperkirakan tiga hari, namun tentunya proses pilkades ada tahapan hingga nantinya pada Mei saat pelantikan kades terpilih.


"Dan, kami berharap baik dari Polri, TNI, Pemda Mura, kepada masyarakat mari nikmati proses kontestasi Pilkades, tentunya prosesnya sesuai dengan aturan hukum dan ketentuan yang berlaku, tidak melakukan tindakan anarkis main hakim sendiri, karena para calon kades juga, sudah menandatangai perjanjian siap menang dan siap kalah, serta siapapun menjadi kades terpilih kiranya untuk didukung untuk kemajuan desa masing-masing," tutupnya.(Mitra/*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler